Selasa, 23 April 2019

BPO ke BPaaS - Pergeseran yang Lebih Cerdas

BPO ke BPaaS
BPO ke BPaaS

Industri proses outsourcing bisnis telah berkembang untuk menetapkan dirinya sebagai mitra yang lebih strategis untuk bisnis. Pertumbuhan ini telah menggeser organisasi untuk fokus ke arah penyediaan model layanan yang lebih sederhana, namun canggih, melalui platform virtual yang memelihara, memantau, dan mengoptimalkan kinerja. Kebutuhan untuk mengubah kemitraan bisnis menjadi kolaborasi yang lebih bermakna telah memicu pergeseran dari BPO konvensional ke solusi bisnis berbasis cloud.

Dari platform sebagai layanan (PaaS), infrastruktur sebagai layanan (IaaS) dan perangkat lunak sebagai layanan (SaaS), perkembangan dalam komputasi awan telah berkembang pesat yang menghasilkan outsourcing proses bisnis yang lengkap untuk membentuk BPaaS (Proses Bisnis-sebagai-a- Layanan).

BPaaS adalah pendekatan terintegrasi yang diambil untuk memberikan proses bisnis melalui model berbasis cloud jarak jauh yang sangat otomatis. Praktik menawarkan 'as-a-service' telah melalui banyak tahap transformasi dan melalui setiap tahap, pengiriman layanan telah disempurnakan untuk mengurangi waktu dan modal yang diinvestasikan dalam menyebarkan proses bisnis baru atau merampingkan yang sudah ada.

BPaaS telah memberikan peluang bisnis untuk memanfaatkan teknologi terbaik di kelasnya dengan solusi pengiriman layanan yang ditingkatkan.

BPaaS mengambil alih pasar outsourcing dengan mendiversifikasi penawaran layanannya dan dengan cepat beradaptasi dengan perubahan inovasi dalam teknologi. Selama bertahun-tahun, garis tipis antara BPO dan BPaaS perlahan-lahan mulai berkurang ketika mitra proses outsourcing meningkatkan permainan mereka untuk memberikan solusi berbasis cloud yang ditingkatkan.

Pergeseran dari BPO ke BPaaS:

Sampai beberapa tahun yang lalu, industri BPO identik dengan call center dan unit outsourcing untuk pekerjaan administratif. Globalisasi dan ledakan teknologi memiliki andil yang adil dalam mengubah operasi bisnis menjadi proses yang sebagian atau sepenuhnya otomatis; menghemat waktu yang berharga dan mengurangi biaya investasi. Inovasi dalam kecerdasan buatan, komputasi kognitif, dan analitik preskriptif memicu kebutuhan untuk menyediakan platform berorientasi layanan yang dapat melacak kemajuan, meningkatkan produktivitas, dan menyusun strategi tugas untuk menjalankan bisnis secara efisien.

Vendor BPO menganggap ini sebagai kesempatan untuk mendapatkan wawasan ke dalam siklus hidup dari proses bisnis dan meningkatkan penawaran layanan mereka. Mereka memprakarsai metode kontemporer untuk mendekati outsourcing proses bisnis dan mengusulkan model dan platform outsourcing holistik. Munculnya komputasi awan memberi para vendor BPaaS fleksibilitas untuk menyesuaikan aplikasi, dan memberikan berdasarkan kebutuhan proses dan fungsi bisnis. Perangkat lunak dan layanan lain disediakan sesuai permintaan; membuatnya dapat diakses untuk dibeli melalui langganan bulanan atau tahunan tanpa investasi tambahan untuk memelihara, memperbarui atau mendukung operasi bisnis.

Mengapa BPaaS adalah pilihan yang lebih cerdas?

BPO ke BPaaS
BPO ke BPaaS cerdas

• BPaaS dapat dirancang untuk mempertahankan alur kerja proses yang konsisten dan berbeda; menggabungkan manfaat dari platform layanan berbasis cloud yang berbeda seperti IaaS, PaaS, SaaS dan ITaaS.

• Dapat berfungsi sebagai sistem terpusat di berbagai operasi bisnis dan dapat bekerja secara dinamis.

• Dapat diskalakan dan dirancang dengan kemampuan untuk mengubah ukuran sesuai dengan perubahan fungsi bisnis.

• Proses bisnis dapat dipetakan dan dikirim tanpa dukungan eksternal. Ini dapat menjaga transparansi dalam memproyeksikan dan mendapatkan visibilitas yang lebih baik ke dalam fungsi proses.

• Sangat aman dan dilengkapi dengan berbagai tingkat patch keamanan. Pendekatan proses otomatis mengurangi risiko kesalahan manusia.

• Alur kerja yang sistematis membutuhkan lebih sedikit gangguan manusia, sehingga mengurangi kebutuhan untuk menggunakan jam kerja manusia yang berharga untuk melakukan tugas-tugas yang membosankan.

• Akses real-time ke aplikasi dan data melalui layanan berbasis cloud.

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk merangkul perubahan ini:

Kejenuhan cloud computing tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Ini adalah salah satu teknologi di mana penemuan dan inovasi baru berkembang pesat pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Banyak bisnis sudah mulai memberikan proses bisnis sebagai sebuah layanan, seperti SDM (HR-as-a-service) dan TI (IT-as-a-service). Lebih banyak operasi semacam itu diharapkan untuk mengeksploitasi tren ini dalam beberapa tahun mendatang. Laporan oleh Pasar dan Pasar memperkirakan bahwa nilai pasar untuk BPaaS diperkirakan akan tumbuh dari USD 1,62 Miliar pada 2015 menjadi USD 4,71 Miliar pada tahun 2020, pada CAGR sebesar 23,7% dari 2015 hingga 2020. Tidak ada waktu yang lebih baik dari sekarang untuk mengeksplorasi dan memanfaatkan lonjakan komputasi awan.

Aarathi adalah konsultan pemasaran dengan Zalaris ASA. Tulisannya berfokus pada inovasi dalam bidang SDM dan tren teknologi terbaru di pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for visiting our blog, if you want to comment, please comment well.

comments are quiet, and the like will not be displayed

Terima kasih sudah berkunjung keblog kami, jika ingin berkomentar dipersilahkan berkomentar dengan baik.

komentar sepam, dan sejenisnya tidak akan di tampilkan