Rabu, 24 April 2019

Fungsi Utama Memori Komputer

 Fungsi Utama Memori Komputer
Memori komputer

Fungsi utama dan dasar memori komputer adalah untuk menyimpan semua data di komputer. Tergantung pada jenis data, selain menyimpan data, ia melakukan beberapa fungsi lainnya juga. Semua fungsinya terkait dengan penyimpanan hanya karena peran utamanya menyimpan, seperti RAM, ROM, penyimpanan data, hard drive dan memori flash. Masing-masing menjalankan fungsi yang diperlukan untuk menjaga komputer tetap berfungsi.

Fungsinya seperti di bawah ini.

- RAM

Memori akses acak (RAM) menyediakan ruang untuk semua penyimpanan data aplikasi sementara. Setiap kali komputer membutuhkan beberapa data, alih-alih kembali dan mencari informasi pada hard drive, itu mendapatkan semuanya dalam RAM karena menyimpan semua aplikasi yang sering digunakan. Ini menjadi mudah bagi sistem untuk menemukan informasi yang diperlukan.


Ketika kami mematikan komputer, sistem menghapus atau mentransfer semua data RAM ke hard drive sambil membuat ruang bagi data baru untuk disimpan ketika komputer memulai operasinya lagi.
 Fungsi Utama Memori Komputer
Jenis jenis memori

- Hard Drive

Hard drive adalah inti dari penyimpanan data komputer. Ini memasok penyimpanan untuk file sistem dan pengguna yang mencakup semuanya, mulai dari sistem operasi Anda hingga gambar dan dokumen. Dalam istilah teknis, hard drive adalah disk yang berputar yang diperlakukan dengan lapisan magnetik, mirip dengan pita magnetik, yang digunakan untuk menyimpan data pada kaset. Ada satu lengan bergerak yang membaca dan menyalin semua data dan dari disk yang berputar, ini memungkinkan Anda untuk menyimpan data baru atau membuka file dari hard disk.

- Memori Flash

Memori flash adalah istilah umum yang digunakan untuk EEPROM yang bisa dihapus secara elektronik. Ini digunakan dalam kartu video game komputer dan juga untuk menyimpan beberapa informasi penting dari sistem. Ini tidak seperti tipe memori lain yang menghapus atau menyalin data byte-by-byte melainkan EEPROM digunakan untuk mengedit data dalam kelompok byte sambil menjadikannya pilihan yang mudah dan nyaman untuk perangkat seperti memory stick dan kamera di mana data disimpan sering berubah dari waktu ke waktu.

- ROM

Memori Hanya Baca disebut sebagai ROM. Data yang disimpan oleh ROM digunakan untuk mengontrol fungsi komputer yang paling dasar, seperti memulai, mengoperasikan kipas komputer dan mendeteksi periferal. Dan, seperti namanya, sistem atau pengguna tidak dapat mengedit data ini. Semua yang terekam tetap di sana bahkan setelah mematikan komputer. Mirip dengan memori flash dan hard drive, ROM adalah contoh memori non-volatile. Menjadi non-volatile berarti bahwa data tetap di tempatnya bahkan ketika daya dimatikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for visiting our blog, if you want to comment, please comment well.

comments are quiet, and the like will not be displayed

Terima kasih sudah berkunjung keblog kami, jika ingin berkomentar dipersilahkan berkomentar dengan baik.

komentar sepam, dan sejenisnya tidak akan di tampilkan